Profil

Kecamatan Pontianak Barat dibentuk berdasarkan SK Gubernur Kalimantan Barat No. 22/Pem.A/1961 tertanggal 8 Agustus 1961 meliputi wilayah yang saat ini merupakan wilayah Kecamatan Pontianak Barat dan Pontianak Kota. Dengan batas Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota kemudian dibentuk sebagai hasil pemekaran berdasarkan Perda Kota Pontianak No. 5 Tahun 2002, menjadikan wilayah Pontianak Barat seperti yang dikenal saat ini. Selanjutnya Pemerintahan Kecamatan Pontianak Barat merupakan bagian dari Pemerintahan Kota Pontianak yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Pontianak Nomor 18 Tahun 2004 tentang Pembentukan Pemerintahan Kecamatan Dalam Daerah Kota Pontianak. Sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Pontianak Nomor 11 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Kota Pontianak sebagaimana diubah dengan Peraturan Daerah Kota Pontianak Nomor 13 Tahun 2011 dinyatakan bahwa bahwa Kecamatan dipimpin oleh Camat yang dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan sebagian wewenang Walikota untuk menangani sebagian urusan Otonomi Daerah, dengan demikian Kecamatan bukan merupakan Wilayah Administrasi Pemerintah yang memiliki wewenang sebagai penguasa wilayah melainkan hanya merupakan wilayah kerja.

Seiring dengan perkembangan pemerintah dan pembangunan di era Otonomi Daerah dan penguatan semangat reformasi birokrasi, maka peran dan fungsi Pemerintahan Kecamatan semakin kompleks yang meliputi semua urusan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan kemasyarakatan di wilayah Kecamatan.

Berdasarkan kondisi geografisnya Kecamatan Pontianak Barat memiliki luas 1682 Ha (33 % dari Luas Kota Pontianak) dan merupakan yang terluas kedua setelah Kecamatan Pontianak Utara. Secara administrasi wilayah Kecamatan Pontianak Barat memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut :

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Sungai Kapuas, Kecamatan Pontianak Utara, Siantan (Wajok Hulu) Kabupaten Pontianak
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pontianak Kota
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Pal Sembilan, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya

Selain itu Kecamatan Pontianak Barat juga dibagi menjadi 4 (empat) wilayah Kelurahan, yaitu Sungaijawi Dalam, Sungaijawi Luar, Sungaibeliung dan Pallima, dengan luas wilayah masing-masing sebagai berikut :

  • Kelurahan Sungaijawi Dalam : 580 Ha
  • Kelurahan Sungaijawi Luar : 234 Ha
  • Kelurahan Sungaibeliung : 301 Ha
  • Kelurahan Pallima : 567 Ha

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak, dapat diketahui bahwa jumlah penduduk Kecamatan Pontianak Barat pada Tahun 2015 adalah sebanyak 150.306 jiwa, yang terdiri dari 76.051 jiwa laki-laki dan 74.255 jiwa perempuan, pada Tahun 2016 (data sementara Seksi Pemerintahan Kecamatan Pontianak Barat) yaitu sebanyak 149.673 jiwa, terdiri dari 75.983 jiwa laki-laki dan 73.690 jiwa perempuan.