Dinas Pangan Provinsi Kalimantan Barat Gelar Bazar Pangan Murah di Halaman Aula Kantor Camat Pontianak Barat

Camat pontianak Barat Siti Komalasari Menyerahkan Beras secara simbolis pada seorang warga 14/5/2018

DINAS Pangan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat mengadakan Bazar Pangan Murah dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 H. Seperti biasanya, bazar kerap dilaksanakan pada momen hari besar keagamaan, termasuk Natal dan Tahun Baru. Tujuannya untuk menjaga kestabilan harga yang umumnya mengalami kenaikan jelang hari raya keagamaan.

Pukul 09.00, warga sudah berbondong-bondong membeli sejumlah bahan kebutuhan pokok yang harganya relatif lebih murah dibanding harga pasar. Diantaranya, minyak goreng Rp11.000/bungkus, tepung terigu Rp8.500/bungkus, gula pasir Rp11.000/kilogram, susu kaleng Rp8.000/kaleng, Blueband Rp6.000/bungkus, kacang tanah Rp19.000/kilogram, bawang merah Rp24.000/kilogram, bawang putih Rp15.000/kilogram, telur ayam Rp40.000/pack, serta ada juga beras dan daging beku.

“Harganya lebih murah. Tadi saya beli telur dan tepung. Semoga semakin banyak bazar digelar,” ucap Mimi, salah satu pembeli.

Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Dinas Pangan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar. Anang Ikhsan Nafiri  mengatakan, setiap hari pihaknya terus memonitor harga pangan di pasaran. Selain bazar murah, masyarakat tetap bisa membeli sejumlah bahan pokok dengan harga murah setiap harinya melalui Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang diluncurkan 30 April 2018 oleh Dinas Pangan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar. Dibuka setiap hari kerja, dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Komoditas pangan yang dijual TTIC sementara ini beras, gula pasir, minyak goreng, terigu, telur ayam, telur asin, bawang merah, bawang putih, daging beku, dan sayur organik. Prinsipnya, pihak TTIC memfasilitasi sejumlah petani /peternak/nelayan dan produsen pangan lain untuk menjual produknya di Toko Tani dengan harga yang sesuai harga petani.

Bazar tersebut disambut baik oleh Camat Pontianak Barat Siti Komalasari,  dalam sambutannya Siti menyampaikan harapannya agar masyarakat di Kecamatan Pontianak Barat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, untuk memperoleh dan melengkapi kebutuhan pokok menyambut bulan suci Ramadhan , dengan harga murah dan terjangkau.

“Jika di pasar biasanya Sembako (sembilan bahan pokok) mahal, maka pasar murah itu menjual di bawah harga pasar, agar bisa membantu masyarakat kita,” tutur Siti.