Pelayanan Perizinan Proaktif (jemput izin), Khusus IMB Pemutihan Rumah Tinggal

Petugas sedang melayani pemutihan IMB Warga 10-3-18

 

Dinas Penanaman Modal ,Tenaga Kerja & PTSP Kota Pontianak  Pontianak, Sabtu (10/3) pagi melaksanakan pelayanan perizinan proaktif (jemput izin),  khusus IMB pemutihan rumah tinggal dalam gang berbayar/retribusi tanpa denda. Pelaksanaan yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Pontianak Barat, Jalan Tabrani Ahmad, pukul 08.30-12.30 ini, merupakan program layanan yang pertama ada di Indonesia.

“Kegiatan jemput izin ini merupakan inovasi dan trobosan dari  DPMTK & PTSP  Kota Pontianak, untuk memberikan pelayanan khusus IMB pemutihan kepada masyarakat. Memang IMB pemutihan ini unik dan  tidak ada di daerah manapun di Indonesia, bahkan dari Kota Bandung juga belajar ke Kota Pontianak tentang program ini,” kata Junaidi, Kepala DPMTK &PTSP  Kota Pontianak, saat memantau proses pelayanan IMB pemutihan, di Kantor Camat Pontianak Barat, Sabtu (10/3)

Sehingga program ini dibuat lanjut Junaidi, melihat masih banyaknya masyarakat yang tidam memiliki IMB. Bahkan belasan tahun sudah berdiri, belum memiliki IMB. Dimana untuk  Kota Pontianak dari 140 ribuan rumah penduduk 60 ribuan lebih atau  hamper 59 persen tidak memiliki IMB tetap.

“Sehingga kita melakukan inovasi agar masyarakat Kota Pontianak memiliki IMB tetap. Program ini akan dilakukan di enam titik di semua kecamatan yang ada di Pontianak Kota,” papar Junaidi.Program IMB pemutihan ini lanjut Junaidi, lebih mudah dan murah.

“Untuk biaya tidak dikenakan denda, seharusnya dikenakan denda, karena masyarakat mendirikan bangunan tidak memiliki IMB atau izin, jadi program ini akan membebaskan denda,” papar Junaidi.