Penilaian Lomba Toga Di Rw 25 Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat

ndonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan alamnya. Salah satu kekayaan alam yang dimiliki Indonesia adalah berbagai macam keanekaragaman hayati seperti tumbuhan-tumbuhan yang berkhasiat obat yang saat ini sudah dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk kesehatan keluarga oleh masyarakat Indonesia secara turun temurun. Pemanfaatan tanaman obat berkhasiat tersebut dapat dilaksanakan dengan adanya Asuhan Mandiri dari Pemerintah.

Saat ini, Pemerintah sudah memiliki Asuhan Mandiri yang disebut dengan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Agar pemanfaatan TOGA dapat dilaksanakan dengan baik dan benar, Pemerintah perlu melakukan pembinaan secara berkesinambungan. Pembinaan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk melalui kompetisi atau lomba.

Pada tahun 2017 ini, Pemerintah melakukan pembinaan dengan mengadakan Penilaian Pemanfaatan TOGA. Penilaian pemanfaatan TOGA ini bertujuan memberikan edukasi dan memotivasi masyarakat untuk memiliki dan memanfaatkan TOGA Asuhan Mandiri secara benar. Penilaian ini akan diadakan setiap tahun yang pelaksanaannya secara berkelanjutan dimulai dari tingkat Desa/ Kelurahan sampai dengan tingkat Pusat/ Nasional.

Dinas Kesehatan Kota Pontianak merupakan Satuan Kerja Pemerintah Daerah yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan penilaian di tingkat Kecamatan. Penilaian dilakukan pada BulanDesember 2017 di beberapa Kelurahan yang memiliki TOGA dengan Asuhan Mandiri di keluarga-keluarga binaan yang ada di Kecamatan Pontianak Barat. Pemenang tingkatKecamatan  akan direkomendasikan ke tingkat Kota dan Provinsi (12/12)