Kecamatan Pontianak Barat Juara 1 Pokok Telok Antar OPD

 

 

 

 

Kecamatan Pontianak Barat Juara 1 Pokok Telok Antar OPD yang di selengarakan pada 14 oktober 2017

bertempat di Masjid Raya Mujahidin,  ini adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Jadi Kota Pontianak 2017

Sebuah catatan membanggakan bagi Kota Pontianak dimana budaya Pokok Telok berhasil dicatatkan di Museum Rekor Indonesia (MURI).

Pontianak bukanlah kota pertama yang membukukan torehan pokok telok terbanyak dalam satu acara.

Rekor ini awalnya dipegang Kabupaten Indragiri Hilir dengan 2025 pokok telok. Kali ini Pontianak berhasil memecahkan rekor tersebut dengan 2369 Pokok telom dalam acara Khataman Massal, Sabtu (14/10/2017).

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan, masih banyak budaya yang bisa ditonjolkan Kota Pontianak dan bisa dipromosikan.

“Kita melestarikan adat budaya melayu Pontianak. Kalau dalam acara Khataman Alquran itu identik dengan sajian hidangan ayam panggang, pulut kuning. Hari ini kita juga memecahkan rekor MURI Pokok Telok terbanyak. Pokok Telok ini kan budaya Belayu Pontianak dan Kalbar,” jelasnya.

Sebanyak 2369 pokok telok berhasil dicatatkan sebagai pemecah rekor muri yang awalnya dipegang oleh Kabupaten Indragiri Hilir dengan 2025 pokok telur.

“Jadi Khataman Alquran, Pokok Telok, Pulut Kuning dan Ayam Panggang itu satu kesatuan dalam rangkaian kegiatan atau budaya Khataman Alguran di Kota Pontianak. Banyak hal yang bisa kita gali dan promosikan dalam Khataman Alquran maupun hal-hal tradisional lainnya,” pungkasnya. (dikutip dari tribun pontianak)